09 Januari 2020 02:25:43
Ditulis oleh Admin

Bahas APBDes 2020 Pemdes Karangasem Bersinergi Dengan BPD

http://karangasem-jenu.desa.id   Kamis (09/01/2020) sekira pukul 09.30 WIB para perangkat desa Karangasem telah standby di lantai 2 kantor desa setempat sebagaimana hari-hari biasa ,namun kesibukan hari itu lebih ketara mengingat APBdes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) tahun 2020 akan di bahas bersama BPD (Badan Permusyawaratan Desa) yang berjumlah 7 orang.Proyektor dan layar serta peralatan lain pun di siapkan guna untuk memaksimalkan penuturan dan penjelasan seputar APBdes tahun 2020 desa Karangasem.

 

Dalam sambutannya Kades Karangasem,Surip mengatakan :"Pemdes sangat butuh masukan dari masyarakat yang di wakili oleh BPD guna untuk menentukan apa yang akan di kerjakan di tahun 2020 sebagaimana yang tertuang dalam APBDes dan RKP ,saran yang membangun sangat kami butuhkan ." Pungkas beliau.

 

Rapat pembahasan APBdes sendiri di pimpin oleh Sekdes Karangasem ,H .idris ,dalam penuturan beliau Pemdapatan desa di peroleh melalui PAD (Pendapatan Asli Desa) ,pendapatan transfer yang meliputi Dana desa ,hasil restribusi pajak ,Alokasi Dana Desa (ADD) ,dan Bantuan Keuangan Kabupaten (PBK) yang totalnya mencapai 1,5 M.

 

Adapun dana tersebut di gunakan untuk membiayai seluruh kegiatan di desa setahun kedepan yang mana di atur melalui Perbup tahun 1994 yang di bagi melalui sub bidang dan di transfer melalui kode rekening yang telah di tentukan oleh Siskeudes (Sistem keuangan Desa) .

 

Diantara Anggaran yang di rencanakan adalah Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan desa ,bidang pelaksanaan pembangunan desa ,sub bidang Kesehatan,sub bidang Pekerjaan umum dan penataan ruang ,sub bidang kebudayaan dan keagamaan ,sub bidang kepemudaan dan olahraga ,sub bidang kelembagaan masyarakat,dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang membawahi sub bidang yang lain.

 

Dalam kesempatan tersebut BPD karangasem pun aktif memberikan masukan kepada Pemdes terkait pembangunan Jalan lingkungan ,Pembangunan drainase ,kelanjutan pavingisasi ,anggaran untuk PHBN dan PHBK serta pemberian Bansos (Bantuan sosial) yang akan di anggarkan di tahun 2020 ini . (DW/K.asem)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus