Sejarah Desa

Dari berbagai sumber yang telah digali dan ditelusuri, asal susul desa Karangasem memiliki legenda yang diangkat dari percakapan 2 orang yang belum saling mengenal yang pada saat itu wilayah Karangasem adalah sebuah wilayah yang mayoritas ditumbuhi pohon asem dengan tanah yang penuh batu karang. Pada suatu hari seorang kakek tua berjalan melewati wilayah tersebut, kakek itu tidak tahu arah dan apa nama wilayah itu, tiba-tiba ada seorang pemuda yang juga sedang melewati wilayah itu, kakek tersebut memanggil pemuda itu dengan tujuan ingin bertanya, mendekatlah pemuda itu lalu menjelaskan bahwa wilayah tersebut bernama Karangasem, dinamakan Karangasem karena wilayah tersebut banyak ditumbuhi pohon asem dan batu karang.

Dari pemberian nama asal sejarah desa Karangasem dibuktikan dengan masih adanya aliran sungai dan waduk kedung kiter yang terletak di wilayah dusun krajan (Karangasem ) dan sungainya itu terletak disebelah timur desa Karangasem.

 

2.1.2.Sejarah Pemerintahan Desa

Pada zaman dahulu desa Karangasem terbentuk sebuah Kepala Desa yang dipimpin seorang kepala desa yang membaahi beberapa dukuh/dusun, dukuan tersebut sekarang masih ditetapkan sebagai dusun/dukuan. Setiap dukuan dikepalai oleh seorang kamituwo, jogoboyo, bayan dan perangkat lainnya yang membawahi beberapa RT/RW, jumlah dusun/dukuan di desa Karangasem ada dua yaitu dusun krajan dan dusun kedungrejo.

Sebagai imbalan bagi perangkat desa tersebut baik kepala desa, jogoboyo maupun perangkat lain disediakan tanah garapan sebagai imbalan pelayanan masyarakat, tanah garapan tersebut dinamakan bengkok/ganjaran. Setelah masa orde baru system pemerintahan yang asalnya keKepala Desaan dirubah menjadi Desa.

Dari masa berdirinya sampai sekarang, desa Karangasem telah banyak mengalami pergantian kepala desa, yaitu:

  • Tahun 1905 – 1920, Desa Karangasem dipimpin oleh Ngalidin
  • Tahun 1920 – 1925, Desa Karangasem dipimpin oleh Katam
  • Tahun 1925 – 1982, Desa Karangasem dipimpin oleh Sulaiman
  • Tahun 1982 – 1993, Desa Karangasemdipimpin oleh Sukran
  • Tahun 1993 – 2001, Desa Karangasem dipimpin oleh Sahlan
  • Tahun 2001– 2002, Desa Karangasem dipimpin oleh Pj Kepala Desa Edris
  • Tahun 2002 – 2006, Desa Karangasem dipimpin oleh Surip
  • Tahun 2006 – 2013,Desa Karangasem dipimpin oleh Surip
  • Tahun 2013 – sekarang, Desa Karangasem dipimpin oleh Sodikin

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)